Inilah Jenis Kelim Pada Pakaian Konveksi Beserta Teknik Menjahitnya

Konveksi

Kelim atau keliman Amanah garment sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu proses finishing pakaian. Dan lenan rumah tangga yang berguna untuk dapat merapikan tepi – tepi jahitan. Tujuan bentuk ini pun bisa jadi lebih rapi dan menarik. Dalam kegiatan jahit menjahit kelim pada pakaian di bawah ini selalu dikerjakan paling akhir. Dimana pada sebuah produk pakaian kelim ini pun biasa untuk diaplikasikan di bawah bagian rok. Baik itu di pinggiran bawah, lengan baju, kemeja, hingga bawah celana. Untuk memudahkan teknik menjahitnya kelim ini. Ada baiknya di jelujur dan di setrika lebih dahulu. Sebelum diputuskan untuk proses lebih lanjut dengan cara di jahit dengan tangan atau mesin jahit.  Meski kelihatan cukup sepele, terutama dalam membuat kelim ini. Memang terdapat sejumlah yang harus diperhatikan bukan.

5 Jenis Kelim Pada Pakaian Konveksi Beserta Teknik Menjahitnya  

Sebagai salah satu teknik dasar menjahit yang memiliki peran yang penting. Yakni untuk merapikan kain di bagian bawah. Untuk kelim ini pada prinsipnya ini dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis – jenis kelim yang bisa anda temukan pada pakaian:

  1. Kelim bulat

Untuk jenis kelim bulat ini sendiri adalah jenis kelim. Dimana memang sering diaplikasikan pada jenis tepi gaun. Selain itu juga ditemukan pada selendang, jilbab yang memang terbuat dari kain chiffon. Namun bisa juga menggunakan bahan kain voile dan kain katun lawn. Untuk bikin kelim bulat ini anda memerlukan yang namanya sepatu menjahit kelim bulat. Sedikit berbeda dengan sepatu jahit biasa. Sepatu menjahit kelim ini bulat di lengkapi dengan bagian yang menggulung kain secara otomatis. Sehingga jahitan yang dihasilkan pun akan terlihat lebih halus dan rata.

  1. Kelim som mesin

Untuk jenis kelim som mesin ini sendiri adalah jenis kelim pakaian yang bekasnya di bagian baik seperti som tangan. Akan tetapi dengan menggunakan mesin jahit ini. Maka proses pembuatan kelim ini dengan mesin jahit secara singkat. Kelim som ini dapat di jahit dengan menggunakan mesin serba guna. Kelim som ini dapat juga dibuat dengan menggunakan mesin khusus garment. Untuk mensom bahan – bahan yang tebal dan untuk jasa konveksi.

  1. Kelim rol

Untuk jenis kelim rol mesin ini adalah jenis kelim yang sering digunakan. Untuk mengelim pinggiran kain yang tipis. Pakaian yang terbuat dari kain ini tembus terang. Selain itu pinggiran baju kerut atau rempel. Ujung lengan proof dan lain sebagainya.

  1. Kelim konveksi

Untuk jenis kelim konveksi ini merupakan jenis kelim yang sering di aplikasikan pada pakaian konveksi. Contohnya saja keliman rok, blus, kemeja, ataupun kaki celana. Kelim konveksi ini banyak digunakan pada pakaian. Dikarenakan kelim ini termasuk ke dalam jenis penyelesaian tepi yang cukup simple.

  1. Kelim tindas

Untuk jenis kelim tindas ini adalah kelim yang dijahit dengan mesin. Kelim ini biasanya lebih banyak digunakan untuk menyelesaikan pinggiran kemeja. Cara membuat kelim ini pun dilipat sesuai dengan keinginan dan dilipatkan kurang lebih 1 cm. Lalu kemudian bisa anda tindas dengan mesin bukan. Hasil tindasan pada lim ini hanya membentuk satu jahitan yaitu pada pinggir kelim. Sebelum di kelim maka kain ini di tindas.

Sedangkan untuk kelim palsu ini merupakan jenis yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah. Jika panjang kain ini tidak cukup untuk membuat keliman. Maka bahan yang terlalu tebal masalah jika panjang kain tidak cukup. Untuk membuat keliman atau bahan yang terlalu tebal untuk dikelimkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.